Budaya kerja suatu lembaga adalah salah satu kunci sukses sebuah lembaga. Membangun budaya kerja yang positif tidaklah sederhana, karena sama saja yang sudah berjalan dan tidak terjadi begitu saja.
Ada 8 tips untuk menciptakan budaya lembaga yang positif:

  1. Bangun Suasana Kerja yang Menyenangkan
    Suasana hati yang gembira adalah salah satu kunci produktifitas, begitupun sebaliknya. Maka dari itu, pastikan suasana kerja di lembaga kita adalah suasana yang tetap bisa membuat tetap menyenangkan dalam kondisi apapun.
  2. Tetapkan Aturan Dasar
    Aturan yang disepakati bersama.
    Kejelasan aturan akan membantu menghindari rasa tidak adil karena perbedaan perlakuan antar satu amil dengan amil yang lainnya.
  3. Tetapkan Visi yang Jelas
    Memastikan setiap orang di lembaga anda tau tujuan bersama, di mana semua tim bekerja ke arah sana, dan kemudian mulai mendefinisikan peran setiap orang dalam pencapaiannya.
  4. Kejelasan Akuntabilitas Kinerja
    Amil perlu memahami apa peran mereka: mengingat bahwa dalam suatu lembaga bisa jadi mempunyai amil yang berbeda pada tingkat keterampilan dan pengalaman. Peran ini akan membantu menentukan harapan masing-masing individu terhadap keberhasilan tim.
  5. Ketahui Ekspektasi masing-masing Amil terhadap Lembaga
    Tentu saja, selain mendorong tim untuk mencapai tujuan bersama organisasi, anda juga harus membantu masing-masing amil untuk mendapatkan jawaban yang memadai atas pertanyaan “bagaimana budaya lembaga membantu memenuhi kebutuhan pribadi saya?”
  6. Sistem Mentoring
    Mentor bukan ‘bos’, melainkan seseorang yang akan memandu supaya kita . Sistem mentoring akan mempercepat pertumbuhan masing-masing individu. Dan pertumbuhan masing-masing individu selaras dengan pertumbuhan lembaga.
  7. Pimpinan Meluangkan Waktu untuk Anggota
    Penting bagi seorang pemimpin, memiliki cukup waktu dalam seminggu untuk menyisihkan komunikasi dengan tim: mendengarkan gagasan dan masukan mereka, dan berbagi pengalaman dalam memecahkan masalah seputar tugas yang ingin mereka capai.
  8. Tumbuhkan Budaya Saling Memiliki
    Tentu akan lebih mudah bagi kita memperjuangkan sesuatu jika kita merasa memiliki hal tersebut. Maka, jika hal ini tumbuh di lembaga anda, tidak akan ada banyak keluhan yang muncul. Semua memperjuangkan hal yang sama, yaitu kebaikan untuk lembaga.

Nah, dari 8 poin ini, apakah anda punya tips lain? Komen dengan balas chat ini ya 😁

For more information:
📞 0812-1000-3823 (Sulis)

Follow & Stay tune in our Socmed:
📷 Instagram: @sekolah_amil
🌐 Official Website: sekolahamil.com
📘 Facebook: Sekolah Amil Indonesia
🎬 Youtube: Sekolah Amil Indonesia

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖
Sekolah Amil Indonesia 🛡
Teman Belajar Amil Zakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *