Oleh: Tim Sekolah Amil Indonesia

Pasca krisis akibat pandemi Covid-19, ada fenomena baru bernama New Normal yang berkembang juga menjadi Next Normal. Di dunia bisnis , kini mulai terjadi perubahan dalam hal cara berbelanja para pembeli. Semakin hari, pembeli semakin jeli sehingga mereka meneliti produk secara cermat sebelum membelinya. Pembeli akan meluangkan waktu untuk membaca ulasan produk, memeriksa foto produk, bahkan mengecek testimoni pembeli sebelumnya. Intinya, pembeli kini tidak mudah puas dan percaya pada sebuah produk yang ditawarkan sehingga mereka akan menjelajah jauh hingga merasa menemukan yang benar-benar sesuai dengan yang diinginkan.

Hal ini tentu juga terjadi dan berpengaruh pada Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) dengan para donaturnya, pola donasi para donatur juga berubah. Karena pola konsumsi donatur yang berbeda, OPZ dituntut untuk merancang strategi marketing yang berbeda pula. Namun tenang, OPZ bisa mengimbangi perubahan kebiasaan donatur ini, salah satunya dengan menggunakan pendekatan Omnichannel Marketing.

Apa itu Omnichannel Marketing?

Omnichannel untuk OPZ adalah suatu sistem lintas kanal yang digunakan lembaga untuk meningkatkan kenyamanan dan kemudahan pengalaman donatur mereka. Donatur dari lembaga yang mempraktekkan omnichannel dapat melakukan donasi dengan menggunakan berbagai kanal sekaligus baik online maupun offline.

Umumnya kanal yang dijadikan satu yaitu kantor layanan, e-commerce, mobile commerce (m-commerce), serta media sosial. Jadi dengan menggunakan strategi omnichannel donatur bisa lebih leluasa geraknya ketika menjelajah lembaga Anda. Donatur bisa melihat dokumentasi dan campaign lembaga secara jelas melalui media sosial seperti Instagram/facebook, kemudian ketika diklik akan tersambung ke landing page lembaga Anda, dan nanti setelahnya menyelesaikan input data dan pilihan donasi melalui desktop, kemudian tahap akhir yaitu mereka bisa mendapatkan update perkembangan program melalui ponsel mereka. Strategi omnichannel ini membuat pengalaman donasi yang dirasakan donatur menjadi lebih efisien dan mudah.

Apa Manfaat Omnichannel Marketing untuk OPZ?

Menerapkan sistem omnichannel memberikan simbiosis mutualisme antara donatur dengan Anda selaku penjual. Hal ini tentunya membuat omnichannel menjadi salah satu hal yang sebaiknya diterapkan dalam lembaga Anda. Berikut penjelasan manfaat sistem omnichannel yang sebaiknya Anda tahu.

  1. Manfaat bagi donatur

Bagi donatur Anda, manfaat terbesar ritel omnichannel yaitu kenyamanan ketika berbelanja. Ritel omnichannel sangat memudahkan donatur untuk membeli berbagai produk. Mereka bisa berdonasi kapan saja dan di mana saja melalui ponsel. Donatur juga tidak perlu repot mencatat atau mengingat apa saja yang akan dibeli sebelumnya karena semua history kegiatan mereka di toko telah terekam di akun mereka.

  1. Manfaat bagi lembaga Anda

Untuk lembaga Anda, ritel omnichannel dapat membantu meningkatkan penghimpunan dan loyalitas donatur. Bayangkan donatur Anda login ke akun mereka, lihat item di situs web Anda, dan kemudian tutup browser. Beberapa jam kemudian, sistem Anda dapat secara otomatis mengirimkan email yang menampilkan produk serupa. Karena orang tersebut sudah tertarik pada item tersebut, mereka lebih cenderung mengklik dan membeli.

Cara Membangun Sistem Omnichannel pada Lembaga

Sistem omnichanel terbaca sangat hebat untuk digunakan namun sayang sistem ini memiliki kelemahan. Untuk membangun sistem omnichannel dibutuhkan biaya yang cukup besar. Anda memerlukan seorang ahli dalam pemrograman web, teknologi, perangkat lunak, serta butuh sistem keamanan data yang sangat kuat. Untuk lembaga skala kecil-menengah, tentu hal ini merupakan beban yang terlalu berat untuk ditanggung. Jadi, apakah memang omnichannel tidak bisa diterapkan dalam lembaga skala kecil-menengah?

Ternyata masih memungkinkan, lho. Meski tidak menerapkan sistem ini sama persis seperti pada bisnis/lembaga skala besar, namun Anda bisa mengambil prinsip-prinsip dasar omnichannel untuk diterapkan pada lembaga skala kecil. Tentu juga lebih memungkinkan lagi untuk lembaga berskala besar yang belum menerapkan omnichannel ini.

Lebih detail dan teknis, akan diajarkan di workshop Strategi Marketing Lembaga Filantropi di Era New Normal hari Jumat, 26 Juni 2020. Info lebih lanjut silakan klik link di bawah ini:

Referensi:

  1. Pentingnya Strategi Marketing Omnichannel untuk Bisnis Ritel https://www.jurnal.id/id/blog/omnichannel-untuk-bisnis-ritel/
  2. Bisnis Jaman Now Harus Kenal Apa Itu Omni Channel https://kumparan.com/info-feedr-id/bisnis-jaman-now-harus-kenal-apa-itu-omni-channel-1516519253688
  3. Memahami Ritel Omnichannel https://www.etpgroup.com/id/memahamiritel-omni-channel/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *