Jl. Peta (INMAS Bidang Penaiszawa)

Pengelolaan zakat yang kian profesional tentunya membutuhkan lembaga pengelola zakat dengan SDM yang mampu mengelola zakat secara profesional agar tujuan pemberdayaan ekonomi umat dapat terwujud. Hal inilah yang menjadi inisiasi Kanwil Kemenag Jabar dan Forum Zakat Wilayah Jawa Barat menyelenggarakan Pelatihan Sertifikasi Dasar Amil Zakat selama 2 hari yaitu 21-22 September 2019 di Hotel Grand Pasundan, Bandung.

H. Asep Nanang Munandar, Kasi Pemberdayaan Zakat Bidang Penaiszawa Kanwil Kemenag Prov. Jawa Barat turut hadir mewakili Kepala Bidang Penaiszawa dan memberikan sambutan kepada peserta pelatihan, Sabtu (21/9), di Hotel Grand Pasundan.

Pada sambutannya, Ia sangat mengapresiasi kegiatan ini demi terwujudnya profesionalitas tata kelola zakat oleh lembaga pengelola zakat.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Kegiatan Sinkronisasi Program Pemberdayaan Zakat yang dituangkan dalam bentuk sinergitas Kanwil Kemenag Prov. Jawa Barat dengan BAZNAS, FOZ Jabar, dan Sekolah Amil Indonesia,” terangnya.

Urgensi dari kegiatan ini, Ia melanjutkan bahwa kegiatan ini dilakukan sebelum adanya pelaksanaan sertifikasi Amil Zakat. “Kegiatan ini juga dalam dalam rangka mempersiapkan ujian sertifikasi amil dasar yang nantinya akan menghasilkan standarisasi amil zakat. Sertifikasi amil ini sendiri memiliki tiga tingkatan yaitu amil dasar, amil madya, dan amil ahli,” tutur Asep, Pak Kasi biasa disapa.

Ia berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini maka kompetensi amil zakat akan semakin meningkat dan profesionalitas dalam mengemban amanah umat. “Seperti yang kita ketahui bersama bahwa banyak dari amil ini bukan berbasis dari amil zakat profesional,” ujarnya.

Pelatihan amil zakat ini diikuti oleh 50 peserta yang berasal dari 17 LAZ dan lima Baznas kota/kabupaten. Kegiatan ini dibagi menjadi tujuh sesi materi, tiga materi yang disampaikan yakni terkait pengumpulan zakat disampaikan Nur Effendi (CEO Rumah Zakat), fiqh zakat oleh Ust Ali Nurdin Anwar, Lc, MEI (Dewan Syariah DT Peduli), serta pendayagunaan zakat yang akan dipaparkan oleh Nana Sudiana (Sekjend FOZ dan Direktur Program IZI).

Kontributor: Novam Scorpiantrien
Sumber :  jabar.kemenag.go.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *